-->

5 Hal Yang Dapat Memengaruhi Sebuah Website

5 Hal Yang Dapat Memengaruhi Sebuah Website  -  Hallo sobat semuanya Kata seo memang seringkali terdengar di  telinga kita , hal ini karena seo sudah menyebar di kalangan masyarakat umum terlebih lagi orang yang pekerjaanya didepan laptop atau berurusan dengan internet . Namun masih banyak sekali orang yang belum mengenal dan mengerti betul apa arti dari seo itu .


Mungkin pendapat setiap orang akan berbeda jika ditanyakan mengenai arti seo ini karena sebenarnya seo ini sulit untuk dijelaskan secara umum . Sobat pasti sering atau pernah bertanya kebeberapa orang baik itu blogger ataupun internet marketer mengenai arti seo ini , namun ia mengatakan kepada anda untuk mencari di google . Ya kan ?

Jelas , karena sangat sulit untuk menjelaskannya  . Oleh karena itu beberapa artikel yang kita cari di google mengenai penjelasan seo ini juga berbeda - beda sesuai dengan apa yang diartikan oleh penulisnya tadi . Seo ialah singkatan dari Search Engine Optimization , yang berarti optimasi mesin pencari

Nah ,   menurut saya sendiri SEO ialah sebuah sistem penilaian terhadap posisi artikel atau posisi situs pada mesin pencari. Sedangkan berdasatkan wikipedia , seo adalah serangkaian proses sistematis yang memiliki tujuan untuk volume dan kualitas kunjungan melalui mesin pencari atau search engine. Mungkin bagi orang awam ini cukup membingungkan. Biar saya Jelaskan Secara perlahan Mesin pencari atau yang lebih banyak kita sebut google , yahoo dan bing merupakan search engine yang menampung berbagai web.

Anda pasti pernah mengetikkan keyword pada google ini untuk menentukan informasi yang anda inginkan . Nah , setelah itu keluar beberapa web yang memiliki judul dan keyword yang mirip terhadap keyword anda tadi. Jika sebuah situs itu SEO , maka ia akan lebih mudah tampil di pageone atau halaman utama search engine .

Lalu Apa Tujuannya ?
Tujuan sebenarnya dari teknik atau penerapan seo ini ialah untuk mendapatkan pengunjung alami ( organik ). Apa itu pengunjung organik ? Pengunjung organik ialah pengunjung alami yang datang melalui mesin pencari .

Lalu apa kelebihan pengunjung organik ini ? Umumnya kelebihan pengunjung organik ini ialah sebagai berikut :
1. Tidak perlu lagi berpromosi
2. Google lebih menyukai pengunjung alami
3. Kualitas situs meningkat .

Lalu kita kembali ke atas , apa hubungan antara SEO dan pengunjung organik ini ?

Biar saya jelaskan kembali. SEO ini bertujuan untuk mendapatkan posisi yang paling tinggi pada mesin pencari. Nah saat situs tersebut sudah mencapai masa tertinggi ( seo ) maka otomatis situs tersebut akan mudah dicari pada halaman utama dengan keyword yang telah ditentukan. Pada saat situs tersebut sudah berada di pageone , maka otomatis pengunjung akan lebih banyak mengarah ke situsnya yang bersumber dari google tadi. Pengunjung inilah yang dinamakan sebagai pengunjung organik atau alami. Jadi sebenarnya tujuan dari teknik seo ini ialah untuk mendatangkan pengunjung organik. Dari sinilah para internet marketer mendapatkan penghasilan karena pengunjung itu sama dengan penghasilan/uang .
Lalu apa semua situs memerlukan seo ?
Tidak , ada beberapa jenis situs yang tidak membutuhkan seo contohnya :
1. Blog Diary
2. Informasi Komunitas
3. Website Sekolah
4. Dll .

Mengapa tidak memerlukan seo ? kita ambil kasus 1 yaitu blog pribadi .
Blog pribadi/Diary pada umumnya berisi catatan dari dirinya sendiri yang berkaitan dengan kehidupannya. Jadi, tidak akan ada orang yang mencari di google / search engine mengenai kehidupannya. Untuk itulah disini seo tidak diperlukan , karena pencarian search engine terhadap niche seperti ini sangat kecil sekali. Kira - kira 0,80% dari pencarian pada search engine. Dari sini kita temukan bahwa situs yang memerlukan sentuhan SEO ini ialah situs yang niche atau artikelnya dicari pada search engine .

Contoh situs yang sangat membutuhkan seo ialah situs seperti berikut :
1. Situs Eccomerce
2. Blog Info
3. Wap
4. Website informasi
5. Berita Update .
6. Dll .

pada urutan diatas , Eccomerce terdapat pada posisi pertama yang berarti bahwa situs eccomerce ini sangat membutuhkan penerapan SEO. Mengapa demikian ? Biar saya luruskan Eccomerce ialah situs bisnis yang digunakan untuk mendapatkan keuntungan. Situs seperti ini sudah jelas memiliki banyak pesaing yang handal. Nah , teknik seo dibutuhkan agar situs tersebut bisa menaiki pesaing lainnya dan otomatis akan lebih mudah mengalahkan pesaing lainnya .       

Kemudian bagaimana teknik penerapan seo tersebut ?
Jika sobat ingin bermain seo , ada beberapa hal yang penting di dalam seo seperti berikut:
1. Backlink
2. Keyword
3. Konten
4. Visitor
5. Struktur Data

berikut adalah penjelasannya :

1. Backlink 
Backlink bisa juga disebut link masuk , inbound link , link aktif dan lain sebagainya yang mengarah ke sebuah situs dari situs lain. Backlink ini sangat berpengaruh terhadap seo sebuah situs .
Namun tidak semua jenis backlink itu berdampak baik. Hanya backlink yang berkualitas yang dapat menambah nilai seo , Backlink ini juga digunakan oleh google untuk menentukan pagerank sebuah situs .

Jumlah backlink sangat mempengaruhi kualitas sebuah konten dimata google. awalnya backlink ini adalah hal utama yang digunakan untuk menentukan posisi situs pada google. Namun google telah mengupdate algoritmanya sehingga faktor penentu posisi situs pada mesin pencari ialah gabungan antara seo onpage dan juga offpage. Meskipun demikian , tetap saja bahwa backlink merupakan penentu posisi artikel pada mesin pencari

2. Keyword 
Keyword atau kata kunci ialah sebuah kata atau kalimat yang digunakan untuk menentukan sebuah tema atau gagasan. Umumnya para blogger saat menulis artikelnya, mereka akan terlebih dahulu melakukan riset kata kunci untuk mendapatkan persaingan tinggi. Keyword ini biasa diletakkan pada link / permalink. Dan didalam artikel biasanya ada 3 focus keyword yang diletakkan yaitu pada paragraf utama (penting) , Tengah artikel dan akhir artikel ( 50 kata terakhir ) .
ada beberapa jenis keyword sebagai berikut :
a.      Short Tail Keyword
b.      Long Tail Keyword
c.      Keyword Musiman
d.      Keyword Abadi

Masih ada beberapa keyword lain , namun untuk saat ini saya hanya akan menjelaskan 4 terlebih dahulu sebagai berikut :

Apa Itu Short Tail Keyword ?
Short Tail Keyword ialah keyword atau kata kunci yang hanya terdiri dari 1 ataupun 2 kata saja , seperti namanya short ( pendek ) .
persaingan pada short tail keyword ini sangat ramai , dan umumnya persaingan sangat sulit sekali .
Anda memerlukan ilmu seo tingkat tertinggi untuk berhasil menakluki keyword ini .
Contoh Short Tail Keyword adalah sebagai berikut :
1. Internet
2. Blogging
3. Tips Blogging
4. Tutorial Adsense
5. Internet Marketing
6. Facial Wajah
7. Diet Alami
8. Dll .
Silahkan sobat buka sendiri , masing - masing keyword seperti ini dan lihat betapa keras persaingannya .

Apa Itu Long Tail Keyword ?
Long Tail Keyword ini ialah keyword yang panjang , versi panjang dari short tail keyword tadi . Pada umumnya persaingan di long tail keyword ini cenderung lebih rendah , namun trafik yang dijanjikan tidak setinggi short tail keyword tadi .

Untuk pemula , sangat disarankan mencoba long tail keyword ini dalam mempraktekkan ilmu seonya . Kekurangan dari Long tail keyword ini ialah sulitnya untuk menemukan keyword yang benar  - benar bagus ( persaingan rendah pencarian tinggi ) .
Contoh Long Tail Keyword ini adalah :
1. Tips Mengatasi Serangan Hacking
2. Teknik mesin sepeda motor
3. Daftar Gadget paling terbaru
4. Film terbaik tahun 2016
5. Dll .
Untuk menggunakan long tail keyword ini , sangat disarankan melakukan riset terlebih dahulu agar mendapatkan keyword yang bagus .

Apa Itu Keyword Musiman ?
Keyword Musiman ialah keyword yang hanya dicari pada saat tertentu , keyword ini memiliki potensi trafik yang tinggi saat sedang musimnya saja . 
Contoh dari Keyword Musiman adalah sebagai berikut :
1. Hasil bulutangkis Pon 2016
2. Pemenang Pilkada 2016
3. Dll .

Apa Itu Keyword Abadi ?
Keyword Abadi ialah keyword yang tidak pernah mati / akan terus dicari hingga kapanpun.
Keuntungan bermain di keyword ini ialah persaingan banyak dan tidak akan hilang .
Contoh keyword abadi ini ialah :
1. Cara Mengurangi Berat Badan secara cepat
2. Mengatasi demam berdarah
3. Cara Memperbaiki mesin mobil
4. Dll .

3. Konten 
Konten bisa dibilang sebagai artikel pada sebuah situs  , konten yang berkualitas akan meningkatkan kualitas dari situs tersebut dan otomatis akan mendongkrak posisi artikel tersebut pada mesin pencari 

Ciri-Ciri Konten Yang Berkualitas Ialah Sebagai Berikut :
1. Terdiri dari 300 Kata atau lebih
2. Memiliki 1 gambar didalamnya
3. Mempunyai Tag Heading yang sesuai dengan keyword
4. Memiliki setidaknya 1 link
5. Memiliki Meta Deskripsi Yang baik.
Selebihnya bisa sobat cari , untuk saat ini saya belum bisa menjelaskan bagaimana menulis artikel yang seo .

4. Visitor
Mungkin anda bingung mengapa visitor berpengaruh terhadap seo / posisi artikel .
Biar saya jelaskan sedikit ! Begini sistemnya Google juga menghitung tiap visitor unik pada sebuah artikel , dan jika artikel pada posisi nomor 2 melebihi jumlah Uv artikel posisi nomor 1. Robot google akan otomatis membaliknya , begitulah sistemnya .

5. Struktur Data
Yang dimaksud struktur data itu ialah struktur dari sebuah template .
Template modifikasi atau template yang dirancang desainer template umumnya sudah memiliki struktur yang valid sehingga lebih seo .

Ciri-Ciri Template Yang Memiliki Struktur Data Valid Ialah Sebagai Berikut :
1. Memiliki Meta Tag
2. Tersusun Rapi
3. Simpel
4.  Loading Cepat
5. SEO

Okey sobat sampai disini dulu itulah 5 Hal Yang Dapat Memengaruhi Sebuah Website , Semoga Bermanfaat Oke, Jika ada yang kurang jelas mohon ditanyakan di komentar ya Sobat :) tunggu di artikel berikutnya ya Sobat SalamSukses.

10 Responses to "5 Hal Yang Dapat Memengaruhi Sebuah Website"

1. Gunakan komentar yang relevan
2. Kata-kata kita adalah cermin kerpribadian diri kita
3. Sangat tidak disarankan untuk mengirim link aktif di komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel