-->

Apa Itu Domain Dan Hosting ??

Apa Itu Domain Dan Hosting ?? - Hallo sobat semuanya dunia internet dengan domain dan hosting kita gunakan untuk berinternet. Kali ini Bang Garong akan membahas arti dari domain dan hosting secara detail agar mudah untuk kita pahami. Bagi kita yang mempunyai website atau blogger pastinya harus tau pengertian domain dan hosting secara berkala agar tidak salah memilih domain untuk website dan blog yang akan dibuat. Saya akan membahas satu persatu dan kita mulai pengertian dari domain dan hosting.


Apa Itu Domain ??
Domain adalah nama dengan alamat atau url yang akan kita gunakan sebagai pengganti nama dari IP (Internet Protocol). Contohnya: www.banggarong.net, www.kategorimu.ga dan lainnya. Dari nama domain nama tersebut sebenarnya merupakan nama lain alamat ip server. Nama ip yang berbentuk angka, kita dapat mengakses menggunakan ip yang tentunya akan sangat sulit untuk kita ingat. Domain yang mempunyai 3 perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya. Mari kita baca satu persatu dari 3 tingkatan tersebut.

1. Top Level Domain (TLD)
Top level domain adalah kata-kata yang letaknya berada di belakang domain. Contohnya: www.banggarong.net, maka .net itu merupakan top level domain. Contoh jenis TLD yang lain seperti .com, .net, .org, .edu dan sebagainya. Dan harga untuk setiap jenis TLD ini berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

2. Second Level Domain
Second Level Domain adalah nama domain yang di daftarkan. Contoh: www.banggarong.net maka "banggarong" adalah Second Level Domain.

3. Thrid Level Domain
Third Level Domain kata yang letaknya berada di kiri nama Second Level Domain. Contoh: www.about.banggarong.net maka about adalah Third Level Domain, yang biasa disebut dengan subdomain.


Top Level Domain (TLD) terdiri dari 2 macam, diantaranya 
1. Generic Top Level Domain (GTLD)
GTLD merupakan TLD yang bersifat general (umum). Misalnya: .com, .edu, .int, .mil, .gov, .org, .net

2. Country code Top Level Domain (CCTLD)
CCTLD merupakan TLD yang bentuk untuk kode negara. Misalnya Indonesia menggunakan .id, Amerika Serikat menggunakan .us dan lainnya.
Setelah kita paham pengertian dari DOMAIN maka kita pahami pengertian dari HOSTING agar kita paham perbedaan dari masing-masing nama tersebut.

Apa Itu Hosting ?
Hosting adalah suatu tempat penyimpanan file data di internet. Semua file dan data tersebut bisa dalam bentuk dokumen, gambar, video, software, dan lainnya. Yang semua itu disimpan dalam komputer dan komputer itu disebut komputer server. Sama halnya seperti komputer biasa yang memiliki hardisk, processor, ram dan lainnya, tetapi memiliki spesifikasi yang tinggi, yang dirancang sangat baik untuk server komputer. Bukan hanya itu saja hardwarenya pun, dalam perangkat lunaknya juga di design sangat khusus dalam operasi serta sistem dan softwarenya. Server komputer ini berjalan terus-menerus (24 jam penuh) itulah mengapa harus memiliki perangkat yang baik serta kualitas tinggi. Server komputer untuk data hosting ditempatkan dalam data center dengan tenaga listrik yang sangat baik yang terhubung langsung dengan jaringan internet dengan kecepatan tranfer yang sangat tinggi. Hosting untuk menyimpan dan mengelola data website disebut web hosting. Untuk penyimpanan data secara storage (virtual disk) disebut cloud hosting. Serta harga dari setiap hosting sendiri sangat berbeda dari besar kecilnya penyimpanan, spesifikasi hardware,dan layanan yang akan kita gunakan. Banyak sekali situs yang menyediakan domain serta hosting untuk kita dapatkan dengan harga yang bervariasi.

Okey sobat sampai disini dulu itulah Apa Itu Domain Dan Hosting ?? , Semoga Bermanfaat Oke, Jika ada yang kurang jelas mohon ditanyakan di komentar ya Sobat :) tunggu di artikel berikutnya ya Sobat SalamSukses.

10 Responses to "Apa Itu Domain Dan Hosting ??"

1. Gunakan komentar yang relevan
2. Kata-kata kita adalah cermin kerpribadian diri kita
3. Sangat tidak disarankan untuk mengirim link aktif di komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel